PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN NIRA TEBU BAGI ANGGOTA KOPERASI SERBA USAHA–EKONOMI DESA TABEK, NAGARI TALANG BABUNGO

Andasuryani and Adrizal and Chandra, Alhapen Rusli (2022) PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN NIRA TEBU BAGI ANGGOTA KOPERASI SERBA USAHA–EKONOMI DESA TABEK, NAGARI TALANG BABUNGO. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan, 14 September 2022, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Koperasi Serba Usaha-Ekonomi Desa (KSU-ED) Tabek merupakan salah satu pelaku dalam
produksi gula saka yang terletak di jorong Tabek, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten
Solok, Provinsi Sumatera Barat. Selama ini, anggota KSU-ED Tabek hanya memproduksi
gula saka dalam bentuk mangkuk yang dicetak menggunakan tempurung kelapa. Anggota
KSU-ED Tabek belum mampu melakukan inovasi dan pengembangan produk olahan dari nira
tebu sehingga mengakibatkan semakin tingginya persaingan gula saka tersebut. Disamping itu,
gula saka dipasarkan secara tradisional ke pasar lokal dengan harga yang berfluktuatif. Untuk
membantu meningkatkan pendapatan KSU-ED Tabek maka dilakukan kegiatan pengabdian
kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan peningkatan kemampuan kewirausahaan dan
pengembangan strategi pemasaran dengan harapan KSU-ED Tabek dapat meningkatkan
kapasitas bisnisnya. Setengah dari peserta pelatihan telah memahami kewirausahaan setelah
pelatihan. Sementara itu, lebih dari setengah peserta pelatihan telah memahami strategi
pemasaran setelah pelatihan. Selanjutnya, hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan
memperlihatkan bahwa

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Gula Saka; Inovasi; Kewirausahaan; Nira Tebu; Strategi Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB522 Income. Factor shares
H Social Sciences > HF Commerce > HF1040 Commodities. Commercial products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HJ Public Finance
T Technology > TS Manufactures > TS155 Production management. Operations management
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 Feb 2023 10:52
Last Modified: 06 Feb 2023 10:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50503

Actions (login required)

View Item
View Item