Nasution, Nani Barorah and Nasution, Yusra and Ambarita, Dody F.P. (2022) PELATIHAN TEKNIK PEMBELAJARAN LITERASI DALAM RANGKA MENYUKSESKAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) BAGI GURU SD PLUS JABAL RAHMAH MULIA. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.
Article.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Kegiatan pengabdian dilaksanakan Guru SD Plus Jabal Rahmah Mulia Berlokasi Jl. Balai Desa No.16-27, Sunggal, Kec. Medan Sunggal, dengan tema Pelatihan Teknik Pembelajaran Literasi Dalam Rangka Menyukseskan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Masalah yang dialami mitra Guru SD Plus Jabal Rahmah Mulia adalah 1) kompeten untuk meningkatkan profesionalisasinya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. 2) Guru SD Plus Jabal Rahmah Mulia belum mengimplementasikan dan mengembangkan strategi Gerakan Litersi Sekolah (GLS) dalam konteks pembelajaran. 3. Guru belum membutuhkan pengetahuan mengenai Teknik Pembelajaran Literasi dari praktisi Pendidikan. Solusi yang ditawarkan: 1) Sosialisasi dan pendampingan Teknik Pembelajaran Literasi dalam Rangka Menyukseskan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). 2) Pendampingan Teknik Pembelajaran Literasi Dalam Rangka Menyukseskan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). 3) Pengaplikasian Teknik Pembelajaran Literasi Dalam Rangka
Menyukseskan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan 6 tahapan yakni mulai dari analisis profil sekolah, analisis kebutuhan guru, menggundang ahli, melaksanakan pelatihan, melukan pendampingan, dan evaluasi. Evaluasi pelaksanaan program pengabdian menggunakan observasi,wawancara, angket atau kuesioner dan dokumentasi.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pelatihan, Pembelajaran, Literasi, Guru, Sekolah Dasar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Lembaga Penelitian |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 03:20 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50427 |