PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS HOTS LITERACY TINGKAT SEKOLAH DASAR

Ritonga, Mara Untung and Wuriyani, Elly Prihasti and Nasution, Rizki Fadila (2022) PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS HOTS LITERACY TINGKAT SEKOLAH DASAR. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pendampingan ini dilatarbelakangi persoalan belum terintegrasinya dimensi Hots Literasi dalam praktis pembelajaran sastra dan adanya kesalahpahaman guru
mengenai konsep HOTS. Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan
peningkatan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan pada tahun 2018 yang telah terintegrasi dengan Penguatan Pendidikan Karakter yang menekankan konsep pendidikan abad ke-21 (21st century
skills) yaitu, pendekatan saintifik (scientific approach), dan penilaian autentik (authentic assesment). Untuk itu, pembelajaran harus merujuk pada empat karakter belajar abad 21, yaitu berpikir kriris dan pemecahan masalah, kreatif dan inovasi, kolaborasi, dan komunikasi atau yang dikenal dengan 4C (critical thinking dan problem solving, creative and innovation, collaboration, and communication). Penelitian ini merancang pembelajaran sastra berbasis hots literasi dengan penerapan model Reading to Learn (R2L) dan pendekatan scientific, project base learning dan problem base learning. Hasil penelitian ini diharapkan dapatmeningkatkan hasil
belajar siswa kelas VI SD Swasta PAB 2 Helvetia dan meningkat daya literasi dan daya berpikiri aras tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran Sastra, HOTS Literacy, Model R2L.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:05
Last Modified: 08 Feb 2023 02:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50420

Actions (login required)

View Item
View Item