PENDAMPINGAN GURU-GURU PKBM MEDAN AREA DALAM PENERAPAN MODEL PJBL (MENUJU SISWA YANG KREATIF INOVATIF KOMUNIKATIF DAN KOLABORATIF)

Siregar, Samsuddin and Kasih, Indra and Hasibuan, Juli Rachmadani (2022) PENDAMPINGAN GURU-GURU PKBM MEDAN AREA DALAM PENERAPAN MODEL PJBL (MENUJU SISWA YANG KREATIF INOVATIF KOMUNIKATIF DAN KOLABORATIF). In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan, 14 September 2022, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran salah satu faktor penting untuk dikuasai seorang guru dalam
menjalankantugasnya sebagai pendidik. Berdasarkan hasil wawancara beberapa guru
PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Mengajar) di Kecamatan Medan Area belum
memahami dengan baik berbagai model-model pembelajaran berbasis student center.
Ini yang menjadi alasan pelatihan dilakukan dengan tujuan untuk menjalankan Tri
Darma dosen dan melatih guru-guru PKBM agar terampil dalam menerapkan modelmodel
pembelajaran yang berbasis student centered salah satunya adalah model PjBL
(Project Base Learning). Metode kegiatan pendampingan menggunakan metode
ceramah, diskusi dan eksperiental learning melalui tiga tahapan kegiatan yaitu tahap
persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Lokasi kegiatan dilakukan di PKBM Al-Ikhram
Kecamatan Medan Area Kota Medan dan kegiatan ini dilakukan pada tahun 2022.
Aspek yang dievaluasi dari kegiatan ini ada 2 fakta yaitu aspek pengetahuan dan aspek
implementasi dan kebermanfaatan. Berdasarkan hasil dari kegiatan ini menunjukkan
bahwa ; 1) Aspek pengetahuan, melalui kegiatan ini 92,75% guru menyatakan
memahami dengan baik konseptual dari model PjBL. 2) Aspek keterampilan dan
kebermanfaatan, melalui kegiatan ini 91,50% guru menyatakan mampu menerapkan
dengan sangat baik model PjBL ke dalam kegiatan pembelajaran dan kebermanfaatan
model ini juga sangat baik dalam mengembangkan kemampuan kreatifitas, inovatif,
komunikatif dan kolaboratif peserta didik. Dengan demikian maka berdasarkan hasil
kegiatan di atas dapat dinyatakan bahwa kegiatan pelatihan ini memberikan dampak
positif bagi guru-guru PKBM khususnya dalam meningkatkan kemampuan mereka
terhadap model pembelajaran PjBL.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model Pembelajaran; Pendampingan; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 03 Feb 2023 01:43
Last Modified: 03 Feb 2023 01:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50377

Actions (login required)

View Item
View Item