Surip, M. and Dalimunthe, Fahmi and Daulay, M. Anggie J. and Burhan, Raden (2022) PENERAPAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) BERBASIS ONLINE DAN REKAYASA PRODUK BUNGA TELANG DI TANAH ENAM RATUS KECAMATAN MEDAN MARELAN. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan, 14 September 2022, Medan.
Article.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Bunga telang merupakan produk usaha berskala mikro yang dirintis oleh pengusaha
yang berada di kelurahan Tanah Enam Ratus, Medan Marelan. Rintisan usaha bunga
telang dilakukan pada awal masa pandemi covid-19 untuk mengisi waktu luang di sela
bekerja dari rumah. Masalah yang muncul kemudian adalah sarana pemasaran dan
penjualan produk tersebut. Belum maksimalnya saluran penjualan, desain kemasan
dan promosi menyebabkan kurang maksimalnya profit penjualan yang dihasilkan.
Promosi terhadap produk ini perlu dilakukan dengan menekankan khasiat yang
dirasakan serta pemanfaatkan strategi bauran pemasaran. Beberapa aspek penerapan
bauran pemasaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil penjualan UMKM yang
berorientasi pada nilai ekonomi serta pemberdayaan masyarakat setempat. Penerapan
bauran pemasaran yang dilakukan antara lain, pengemasan desain produk yang
menarik, membuat produk-produk olahan berbahan bunga Telang, strategi penetapan
harga bersaing, saluran distribusi dengan memanfaatkan e-commerce, promosi
menggunakan jalur media online diharapkan dapat memberikan kontribusi positif
terhadap penjualan bunga Telang dan produk olahannya ini. Metode pelaksanan
kegiatan dilakukan dengan cara terjun langsung dan melakukan observasi lapangan
untuk melihat kelemahan serta peluang apa yang dapat diraih untuk meningkatkan
pemasaran bunga Telang. Selanjutnya dilakukan wawancara dengan mitra terkait
untuk mengidentifikasi hal-hal penting yang dibutuhkan secara konsep yang kemudian
dapat diterapkan dilapangan. Rekayasa produk berbahan bungan telang dilakukan
yang kemudian menghasilkan produk-produk olahan sehingga memberikan target
penjualan baru selain jalur penjualan yang telah ada. Dengan adanya program ini
pemberdayaan masyarakat terkait dengan UMKM berbahan bunga telang dapat
terealisasi dan dapat menyerap tenaga kerja serta memberikan penghasilan tambahan
pada unit usaha.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Bunga telang; Bauran Pemasaran; Desain; Produk |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5469.7 Markets. Fairs |
Divisions: | Lembaga Penelitian |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 01:25 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 01:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50374 |