Sidabutar, Fini Yanti (2022) Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun DI TK Negeri 2 Pembina Medan Tahun Ajaran 2021/2022”. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1183113035 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM 1183113035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 1183113035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM 1183113035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM 1183113035 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM 1183113035 TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 1183113035 PICTURES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM 1183113035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM 1183113035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
10. NIM 1183113035 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 1183113035 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (874kB)
12. NIM 1183113035 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (898kB)
13. NIM 1183113035 CHAPTER V.pdf
Download (166kB)
14. NIM 1183113035 CHAPTER BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (166kB)
15. NIM 1183113035 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Negeri 2 Pembina Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (eksperimen) yaitu One Group Pre- Test Post-Test Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelas A yang ada di TK Negeri 2 Pembina Medan yang berjumlah 15 orang anak. Variabel bebas metode bermain peran dan variabel terikat kemampuan sosial emosional anak.
Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf nyata α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum anak diberikan treatment dengan metode bermain peran, skor terendah adalah 5 dan skor tertinggi adalah 11 dan nilai rata-rata 8 dalam kategori mulai berkembang. Setelah anak diberikan perlakuan metode bermain peran anak memiliki skor terendah 8 dan skor tertinggi 13 dengan nilai rata-rata 10,93 pada kategori anak berkembang sesuai harapan. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung dengan dk = n-1 = 19; = 0,05 maka
diperoleh nilai ttabel maka thitung = 12,856 > ttabel = 2,144 artinya Ho ditolak dan Ha diterima yaitu “ Ada pengaruh signifikan penggunaan metode bermain peran terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Negeri 2
Pembina Medan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Metode Bermain Peran; Kemampuan Sosial Emosional |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 01 Mar 2023 02:45 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 02:37 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50373 |
