Sidabutar, Fini Yanti (2022) Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun DI TK Negeri 2 Pembina Medan Tahun Ajaran 2021/2022”. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1183113035 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM 1183113035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 1183113035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM 1183113035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM 1183113035 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM 1183113035 TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 1183113035 PICTURES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM 1183113035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM 1183113035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
13. NIM 1183113035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM 1183113035 CHAPTER BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Negeri 2 Pembina Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (eksperimen) yaitu One Group Pre- Test Post-Test Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelas A yang ada di TK Negeri 2 Pembina Medan yang berjumlah 15 orang anak. Variabel bebas metode bermain peran dan variabel terikat kemampuan sosial emosional anak.
Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf nyata α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum anak diberikan treatment dengan metode bermain peran, skor terendah adalah 5 dan skor tertinggi adalah 11 dan nilai rata-rata 8 dalam kategori mulai berkembang. Setelah anak diberikan perlakuan metode bermain peran anak memiliki skor terendah 8 dan skor tertinggi 13 dengan nilai rata-rata 10,93 pada kategori anak berkembang sesuai harapan. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung dengan dk = n-1 = 19; = 0,05 maka
diperoleh nilai ttabel maka thitung = 12,856 > ttabel = 2,144 artinya Ho ditolak dan Ha diterima yaitu “ Ada pengaruh signifikan penggunaan metode bermain peran terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Negeri 2
Pembina Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Bermain Peran; Kemampuan Sosial Emosional |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 02:45 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50373 |