PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN BANTUAN ADOBE ANIMATE DI KELAS X IPS GAJAH MADA MEDAN 2021/2022

Damanik, Anjel Christi (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN BANTUAN ADOBE ANIMATE DI KELAS X IPS GAJAH MADA MEDAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173311008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173311008 COVER.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173311008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173311008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173311008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173311008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173311008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173311008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173311008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173311008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173311008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173311008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173311008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173311008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173311008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173311008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbentuk game edukasi, mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari game edukasi yang dikembangkan dengan bantuan aplikasi adobe animate pada materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, dan Evaluation) dalam mengembangkan media pembelajaran matematika. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi menurut ahli materi dengan total skor rata-rata yaitu 4,64 menunjukkan kriteria sangat valid dan hasil validasi ahli media dengan skor rata-rata 4,57 juga menunjukkan kriteria sangat valid. Hasil uji coba kepraktisan didapat pada uji coba terbatas dengan subjek berjumlah 27 orang dan diperoleh skor rata-rata sebesar 92,44% dengan kategori sangat praktis. Dengan skor aspek menarik sebesar 88,89%, interaktifitas sebesar 94,07%, efektif 91,11%, efisien sebesar 100%, dan terakhir aspek fleksibilitas sebesar 88,15%. Hasil uji coba keefektifan diperoleh berdasarkan pada hasil ketuntasan secara klasikan dan angket respon siswa dengan jumlah 23 orang. Hasil analisis dari tes hasil belajar didapat sebesar 79% yang berarti tidak tuntas secara klasikal dan respon positif terhadap game edukasi didapat sebesar 85,48% yang terdiri dari terhadap aspek kemudahan sebesar 85,22% dan terhadap aspek keterbantuan sebesar 85.74%. Sehingga game edukasi yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis namun tidak efektif untuk digunakan walaupun memiliki respon positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 129
Keywords: Game edukasi; Adobe animate; Trigonometri; Multimedia interaktif; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 01 Feb 2023 08:05
Last Modified: 01 Feb 2023 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50372

Actions (login required)

View Item
View Item