Damanik, Anjel Christi (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN BANTUAN ADOBE ANIMATE DI KELAS X IPS GAJAH MADA MEDAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173311008 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM 4173311008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM 4173311008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM 4173311008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM 4173311008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
9. NIM 4173311008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
13. NIM 4173311008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM 4173311008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbentuk game edukasi, mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari game edukasi yang dikembangkan dengan bantuan aplikasi adobe animate pada materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, dan Evaluation) dalam mengembangkan media pembelajaran matematika. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi menurut ahli materi dengan total skor rata-rata yaitu 4,64 menunjukkan kriteria sangat valid dan hasil validasi ahli media dengan skor rata-rata 4,57 juga menunjukkan kriteria sangat valid. Hasil uji coba kepraktisan didapat pada uji coba terbatas dengan subjek berjumlah 27 orang dan diperoleh skor rata-rata sebesar 92,44% dengan kategori sangat praktis. Dengan skor aspek menarik sebesar 88,89%, interaktifitas sebesar 94,07%, efektif 91,11%, efisien sebesar 100%, dan terakhir aspek fleksibilitas sebesar 88,15%. Hasil uji coba keefektifan diperoleh berdasarkan pada hasil ketuntasan secara klasikan dan angket respon siswa dengan jumlah 23 orang. Hasil analisis dari tes hasil belajar didapat sebesar 79% yang berarti tidak tuntas secara klasikal dan respon positif terhadap game edukasi didapat sebesar 85,48% yang terdiri dari terhadap aspek kemudahan sebesar 85,22% dan terhadap aspek keterbantuan sebesar 85.74%. Sehingga game edukasi yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis namun tidak efektif untuk digunakan walaupun memiliki respon positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 129 |
Keywords: | Game edukasi; Adobe animate; Trigonometri; Multimedia interaktif; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 08:05 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50372 |