BR Silalahi, Elisa Kusumawati (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Berkonten Budaya Lokal Di TK Negeri 2 Pembina Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM_1183113038_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM_1183113038_PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
3. NIM_1183113038_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
4. NM_1183113038_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
5. NIM_1183113038_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM_1183113038_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM_1183113038_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM_1183113038_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM_1183113038_BAB I.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
13. NIM_1183113038_BAB V.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
14. NIM_1183113038_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan rancangan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran di TK Negeri 2 Pembina Medan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu empat guru kelas yang mengajar pada kelompok B usia 5-6 tahun. Adapun hasil penelitian ini yaitu rancangan pembelajaran yang menggunakan Rancangan Pelaksanaan
Pembelajaran Harian (RPPH) yang sama dengan RPPH tema sebelumnya, yang menjadi pembeda dengan tema budaya yaitu materi dan konten. Metode belajar yang digunakan yaitu demonstrasi dan ceramah dengan penilaian Checklist.
Pelaksanaan pembelajaran berkonten budaya lokal di TK Negeri 2 Pembina yaitu dengan membahas sub tema tentang permainan tradisional engklek, pakaian tradisional batak karo dan batak toba, cerita rakyat/asal usul sebuah daerah danau toba dan makanan khas daerah medan bika ambon. Temuan berdasarkan
penelitian diantaranya : terdapat salah seorang guru masih belum dapat memanfaatkan media teknologi dalam pembelajaran terkait kendala dalam penggunaannya, konsep agama dan suku yang dikenal anak dengan sebutan “orang” dan sub tema yang dibahas berbeda di kelas dalam seminggu. Diharapkan guru dapat memanfaatkan media teknologi untuk mendukung pembelajaran, selain daripada itu perlunya dukungan dari orang tua mengingat anak tinggal di beragam suku dan agama sehingga pengertian konsep agama dan suku dapat diatasi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran; Berkonten; Budaya Lokal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 08:43 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50369 |