Lestari, Winda Ayu (2022) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Latihan Asertif terhadap Perubahan Perilaku Pasif Siswa dalam Belajar di SMA Negeri 11 Medan TA. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173151048 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 1173151048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1173151048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 1173151048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 1173151048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
6. NIM. 1173151048 TABLE.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 1173151048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 1173151048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
9. NIM. 1173151048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
13. NIM. 1173151048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 1173151048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik latihan asertif terhadap perubahan perilaku pasif siswa dalam belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Medan. Pendekatan penelitian ini kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain penelitian time series. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok teknik latihan asertif berhasil mengurangi perilaku pasif siswa dalam belajar dengan rata- rata skor pre-test angket perilaku pasif siswa dalam belajar adalah sebesar 127,25 dan rata-rata skor post-test pada angket perilaku pasif siswa dalam belajar sebesar 75,75 dengan selisih skor sebesar 51,5 dan persentase penurunan sebesar 40,47%. Berdasarkan hasil tersebut kemudian dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon signed rank test dengan α = 0,05 dan N=8, didapatkan hasil J hitung
≤ J kritis uji Wilcoxon yakni (0 ≤ 4), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan skor sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok teknik latihan asertif serta pengujian hipotesis, sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok teknik latihan asertif memiliki pengaruh terhadap perubahan perilaku pasif siswa dalam belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Perilaku Pasif Siswa; Konseling Kelompok; Teknik Latihan Asertif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 08:42 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50355 |