Tanjung, Novita Krisdayanti (2022) Pengaruh Konseling Kelompok Melalui Teknik Modeling Terhadap Perilaku Bullying Verbal Siswa Kelas XII IPA Di SMAS PARULIAN 6 BALNA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 1182151010 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. 1182151010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
3. 1182151010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. 1182151010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 1182151010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. 1182151010 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. 1182151010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8. 1182151010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
9. 1182151010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. 1182151010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. 1182151010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok melalui teknik modeling terhadap perilaku bullying verbal siswa kelas XII IPA di SMAS Parulian 6 Balna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experimental). Desain penelitian yang digunakan adalah time series design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XII IPA yang memiliki skor perilaku bullying verbal yang tinggi. Data penelitian dikumpulkan dengan angket perilaku bullying verbal yang berjumlah 37 item pernyataan yang telah valid dan reliabel, reliabilitas instrumen tersebut adalah 0,924. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah layanan konseling kelompok sebanyak 6 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Wilcoxon dengan ∝ = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum (pre-test) dilakukan konseling kelompok melalui teknik modeling skor rata-rata perilaku bullying verbal sebesar 120,.5 dan setelah (post-test) diberikan konseling kelompok melalui teknik modeling, maka skor rata-rata yang diperoleh adalah 65.375 maka selisih perubahan skor perilaku bullying verbal sebesar 55,125. Maka dari itu terjadilah penurunan perilaku bullying verbal sebesar 45,7%. Dengan mengetahui uji wilcoxon dengan nilai peringkat terkecil yaitu 17. Jadi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok; Teknik Modeling; Perilaku Bullying Verbal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 01:53 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50336 |