Sitompul, Dedi Kristi (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENANAMKAN SIKAP PEDULI SAMPAH DI KELAS XI SMAN 1 PURBATUA T.P 2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4163341017 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 4163341017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4163341017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. NIM 4163341017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
5. NIM 4163341017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM 4163341017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
7. NIM 4163341017 TABLES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. NIM 4163341017 APPPENDICES.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
9. NIM 4163341017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
13. NIM 4163341017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14. NIM 4163341017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembahasan peduli sampah di kelas XI SMA N 1 Purbatua Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media yang dikembangkan melalui Ahli media, Ahli materi, Ahli pembelajaran, respon pendidik dan respon peserta didik terhadap mediavideo pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 58 orang dan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas yang mewakili IPA dan IPS yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan metode ADDIE. Prosedur pengembangan media video pembelajaran dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: (1) Tahap Analisis (Analysis) berupa analisis media pembelajaran dan analisis kebutuhan. (2) Tahap
Perancangan (Design) berupa perancangan konsep dalam media dan penyusunan instrumen. (3) Tahap Pengembangan (Development) berupa proses pembuatan hingga validasi media. (4) Tahap Implementasi (Implementation) berupa uji coba
produk kepada peserta didik. (5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk mengetahui kelayakan video,
respon terhadap video serta pertumbuhan sikap siswa terhadap videopembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan 95% materi yang digunakan sangat layak, sebesar
93% desain video yang digunakan sangat layak, sebesar 86% media pembelajaran dalam video sangat layak, penilaian dari guru biologi terhadap video pembelajaran sebesar 82% yang dikategorikan sangat layak, respon siswa IPA & IPS terhadap
video pembelajaran sebesar 83% yang dikategrikan sangat layak, dan hasil implementasi yang dilakukan kepada siswa IPA & IPS sebesar 84% yang dikategorikan sangat peduli. Keseluruhan video pembelajaran biologi sangat layak
digunakan dan dapat menanamkan nilai sikap peduli sampah pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 070 |
Keywords: | Video pembelajaran; Problem based learning; Sikap peduli; Pencemaran lingkungan; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 02:02 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 05:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50288 |