Azzara, Rhaditia Isma (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERSTRUKTUR PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181131019 COVER.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2. NIM. 4181131019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
3. NIM. 4181131019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 4181131019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
5. NIM. 4181131019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 4181131019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 4181131019 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 4181131019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
9. NIM. 4181131019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
13. NIM. 4181131019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
14. NIM. 4181131019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis inkuiri terstruktur pada pokok bahasan ikatan kimia di SMA berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media serta respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan. Pengembangan e-modul dalam penelitian ini terdiri dari tahapan yaitu: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), dan tahap develop (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah e-modul berbasis inkuiri terstruktur. Objek penelitian adalah materi ikatan kimia. Instrumen penelitian pengembangan ini menggunakan lembar validasi dan lembar angket respon siswa yang telah memenuhi standar BSNP yang memuat beberapa aspek yaitu aspek kelayakan isi, aspek kelayakan peyajian, aspek kelayakan kegrafikan, dan aspek kelayakan bahasa. Penilaian validasi dan respon siswa menggunakan penilaian skala Likert dengan rentang skor perbutir 1-5. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh 5 validator yang terdiri dari 3 dosen kimia dan 2 guru kimia. Proses uji coba respon siswa terhadap e-modul yang berikan kepada siswa SMA Swasta PAB 4 Sampali. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata penilaian validator ahli materi sebesar 88,2%, validator ahli media sebesar 90,2 % dengan kriteria penilaian valid/layak, dan persentase penilaian respon siswa berdasarkan aspek kemenarikan, aspek materi, dan aspek bahasa diperoleh nilai sebesar 90,1 dengan kriteria sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-KIM-106 / 371.33 Azz p |
Keywords: | E-modul; Inkuiri Terstruktur; Ikatan Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 08:53 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50263 |