Fadhillah, Ika (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA LIVE WORKSHEET BERBASIS KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TATA SURYA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182151014 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4182151014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. NIM 4182151014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 4182151014 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM 4182151014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM 4182151014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 4182151014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 4182151014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 4182151014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM 4182151014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM 4182151014 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
memanfaatkan media pembelajaran berbasis e-learning. Media E-learning adalah media pembelajaran yang dilengkapi dengan akses web. E-learning dapat memudahkan guru dalam mengakses berbagai materi, lembar kerja dan bahan ajar melalui berbagai media salah satunya dengan menggunakan Live Worksheet. Penyebab rendahnya prestasi belajar adalah siswa kurang kreatif dalam pembelajaran, kurangnya latihan soal dan soal yang dikerjakan kurang menarik. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan media pembelajaran yang dapat mendukung dalam proses pengajaran melalui lembar kerja siswa berbasis komik. Pengembangan lembar kerja siswa berbasis komik bertujuan untuk mengatahui validitas media, respon siswa terhadap media, dan keefektifan media yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada pengembangan media yaitu ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini antara lain: wawancara, kuesioner atau angket dan teknik tes. Adapun analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji N-gain. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu salah satu dosen ahli materi, ahli desain, ahli media, dan 30 siswa kelas VII di SMP N 24 Medan. Hasil vaidasi yang diperoleh dari ahli materi, ahli desain, ahli media layak untuk digunakan. Respon yang diperoleh dari siswa juga sangat baik dan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat dilihat dari skor perhitungan uji N-gain yaitu 0,71 dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-169 / 371.33 Fad p |
Keywords: | E-Learning; LKS; Live Worksheet |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 07:17 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50218 |