Fauzia, Dea Shifa (2022) DESKRIPSI KEMAMPUAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MASA PANDEMI COVID – 19 SISWA SMPSIT JABAL NOOR MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183351006 COVER.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
2. 4183351006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. 4183351006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
4. 4183351006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
5. 4183351006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
6. 4183351006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
7. 4183351006 TABLES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
8. 4183351006 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
9. 4183351006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. 4183351006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
14. 4183351006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan STEM pada pembelajaran IPA, kemampuan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dan respon peserta didik pada saat mempelajari materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP IT Jabal Noor Medan Semester Genap tahun 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen lembar obsevasi, instrumen tes kemampuan STEM, dan instrumen angket respon peserta didik. Desain penelitian yang digunakan desain non – eksperimen. Artinya penelitian ini memberikan gambaran tentang kemampuan STEM peserta didik di SMP IT Jabal Noor Medan T.A 2021/2022 materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2022. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP IT Jabal Noor yang berjumlah 180 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dengan kelas yang terpilih adalah kelas VII A dan VII E dengan populasi seluruh sampel adalah 58 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan mendapatkan persentase 71,3% yakni berada pada kategori “baik”. Kemampuan science peserta didik kelas VII berada pada kategori “tinggi”, kemampuan technology peserta didik kelas VII berada pada kategori “sangat tinggi”, kemampuan engineering peserta didik kelas VII berada pada kategori “sedang”, dan kemampuan mathematics peserta didik kelas VII berada pada kategori “rendah”, dan secara keseluruhan kemampuan STEM peserta didik kelas VII berada pada kategori “baik”. Respon peserta didik terhadap pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan kelas VII T.A 2021 / 2022 berada pada kategori “tinggi”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-IPA-024 / 371.262 Fau d |
Keywords: | Deskripsi Kemampuan; STEM; IPA; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 03:31 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50204 |