Harahap, Khadijah Rusdiana Putri (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCIENCE,TECHONOLOGY,ENGINEERING AND MATHEMATICS(STEM) UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI TEKANAN ZAT SISWA DI SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182151001 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 4182151001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
3. NIM 4182151001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM 4182151001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 4182151001 TABLE OF CONTENT1.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
6. NIM 4182151001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 4182151001 TABLES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. NIM 4182151001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM 4182151001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
13. NIM 4182151001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM 4182151001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis STEM yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. LKPD yang dikembangkan dinilai oleh validator ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli desain serta juga melalui respon peserta didik dan uji coba terbatas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 dosen validator dan berjumlah 30 orang peserta didik Kelas VIII SMP RK Deli Murni Delitua. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, angket respon peserta didik dan tes dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil penelitian LKPD berbasis STEM yang dikembangkan dinyatakan layak setelah divalidasi oleh ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli desain. LKPD yang dikembangkan memperoleh hasil dari validator dengan presentase rata-rata 85,19%, 96,92% dan 91,40%. Hasil respon peserta didik diperoleh hasil layak digunakan dalam pembelajaran pada uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil presentase indikator yang diperoleh pada kelompok kecil dengan presentase rata-rata 82,5% dan presentase rata-rata kelompok besar 96,5 %. LKPD berbasis STEM yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil yang diperoleh dengan skor rata-rata pretest 40 dan skor rata-rata posttest 83 serta skor N-Gain yaitu 0,71 dengan interpetasi tinggi. Indikator berpikir kreatif yang tertinggi pada peserta didik yaitu kemampuan berpikir luwes (fluency).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-IPA-029 / 371.33 Har p |
Keywords: | LKPD; STEM; Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 02:26 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50194 |