Ariyunia, Afiva (2022) Fenomena Perubahan Gaya Hidup Remaja Berorientasi Pada Budaya Populer Jepang Melalui Anime Di Kelurahan Perjuangan Kota Tanjung Balai. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 1183371007 COVER.pdf - Published Version
Download (840kB) | Preview
2. 1183371007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 1183371007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (867kB) | Preview
4. 1183371007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (893kB) | Preview
5. 1183371007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (868kB) | Preview
6. 1183371007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
7. 1183371007 TABLES.pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
8. 1183371007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
9. 1183371007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (951kB) | Preview
13. 1183371007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (865kB) | Preview
14. 1183371007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (866kB) | Preview
Abstract
Indonesia berdasarkan riset yang dilakukan oleh Dewey (2020) menjadi negara urutan nomor tiga sebagai negara yang paling banyak mengkonsumsi anime. Masuknya anime sebagai wujud budaya populer Jepang telah menimbulkan gejala sosial pada remaja sehingga remaja saat ini mulai menganut gaya hidup budaya Jepang. Remaja penggemar anime di Kelurahan Perjuangan adalah remaja yang cenderung fanatik dengan kebudayaan Jepang baik berupa anime, lagu, tarian serta gaya hidup orang Jepang dan dalam hal ini remaja akan yang akan mengkonsumsinya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena gaya hidup remaja di Kelurahan Perjuangan Kota Tanjungbalai yang berorientasi pada budaya populer Jepang melalui anime. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan teknik interaktif meliputi: observasi berperan (participant observation), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan melakukan penarikan simpulan. Keabsahan dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan fenomena gaya hidup remaja pada budaya populer Jepang melalui anime sangat mempengaruhi gaya hidup remaja di Kelurahan Perjuangan Kota Tanjung Balai. Gaya hidup remaja dilihat dari tiga aspek, meliputi (1) aktivitas, remaja cenderung menghabiskan waktu mereka untuk menonton anime dan melakukan segala kegiatan yang berkaitan dengan kebudayaan Jepang, (2) minat, remaja menunjuk minatnya dengan mengumpulkan barang-barang yang berkaitan dengan anime Jepang. (3) pendapat, remaja memahami bahwa sebagai remaja yang mengandung gaya hidup budaya Jepang terjadi perubahan positif dan negatif pada dirinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Gaya hidup; remaja; anime; budaya populer |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ793 Youth. Adolescents. Teenagers H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 01:34 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 01:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50178 |