Silaen, Theresya N. E (2022) Kajian Tentang Upaya Guru PPKn Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa Di SMPN 2 Tanjung Morawa. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 3183311015 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2.NIM. 3183311015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3.NIM. 3183311015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4.NIM. 3183311015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5.NIM. 3183311015 TABLES.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
6.NIM. 3183311015 CHART.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
7.NIM. 3183311015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
8.NIM. 3183311015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
9.NIM. 3183311015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
13.NIM. 3183311015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14.NIM. 3183311015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang upaya guru PPKn dalam mengembangkan keerdasan moral siswa di SMPN 2 Tanjung Morawa. Adapun permasalahan dalam Penelitian ini adalah pentingnya pemantapan moral siswa, karena terpantau dari penyimpangan yang jauh dari etnik dan budi pekerti. Moral merupakan landasan untuk ditanamkan kepada siswa agar menjadi generasi yang berakhlak mulia. Upaya guru PPKn dalam pembentukan moral siswa di SMPN 2 Tanjung Morawa penelitian ini bersifat deskriptif, kualitatif, yaitu data, diperoleh hasil wawancara, mengamati, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran yang sangat besar dalam menerapkan nilai-nilai moral yang baik terhadap peserta didik, selain Guru PPKn juga selalu menunjukkan sikap disiplin kepada peserta didik terutama dalam proses pembelajaran berlangsung dikelas. Dan adanya peran aktif secara bersama-sama dalam hal membentuk moral baik siswa, guru melaksanakannya di sekolah dan orang tua siswa melaksanakan pembimbingan dan kontrol saat siswa berada di rumah. Apabila proses pembentukan moral hanya dilakukan oleh guru PPKn di lingkungan sekolah saja, akibatnya keberhasilan pendidikan dan pembimbingan khusus pada moral siswa tidak dapat berjalan dengan prinsip berkesinambungan antara lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Dengan kondisi demikian banyak ditemukan kenakalan remaja yang terjadi di luar sekolah salah satunya disebabkan oleh kurangnya kerja sama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-086 |
Keywords: | Upaya Guru PPKn; Proses Belajar; Kecerdasan Moral |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 01:22 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 01:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50172 |