WIDIYANTI, RINI (2022) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH ,MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK BRIGJEND KATAMSO. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.7181142009 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM.7181142009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
3. NIM.7181142009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM.7181142009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
5. NIM.7181142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM.7181142009 TABLES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7. NIM.7181142009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
8. NIM.7181142009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
12. NIM.7181142009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
13. NIM.7181142009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
RINI WIDIYANTI,NIM:7181142009.Pengaruh Lingkungan Sekolah,Motivasi Belajar,dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi SMK Brigjend Katamso. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya prestasi belajar akuntansi siswa kelas X dan XI dalam mata pelajaran akuntansi dan keuangan,
dikarenakan belum sepenuhnya pengelolaan lingkungan sekolah, kurangnya motivasi belajar siswa, dan kurangnya minat belajaar siswa. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah, motivasi belajar dan
minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X dan XI SMK Brigjend Katamso.
Penelitian ini dilakukan di SMK Brigjend Katamso. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI jurusan Akuntansi SMK Brigjend Katamso yang berjumlah 135 siswa. teknik pengambilan sample yaitu dengan
Simple Random Sampling, Jumlah sample yang digunakan yaitu sebanyak 101
siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS
(Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan uji PLS Algoritma, Koefisien Jalur dan pengujian hipotesis dengan
menggunakan Uji-t.
Hasil analisis yang diperoleh dari rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5
dan indikator outer loding lebih tinggi dari 0,60. Dari data perhitungan,untuk
hipotesis lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi,
diperoleh P-Value sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima, Maka
dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi
belajar akuntansi. Pada hipotesis motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi
belajar akuntansi, diperoleh P-Value sebesar 0,004 < 0,05 yang berarti hipotesis
diterima, Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap
prestasi belajar akuntansi. Kemudian pada hipotesis minat belajar berpengaruh
terhadap prestasi belajar akuntansi, diperoleh P-Value sebesar 0,000 < 0,05 yang
berarti hipotesis diterima, Maka dapat disimpulkan minat belajar berpengaruh
terhadap prestasi belajar akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 08:22 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50100 |