PENGARUH PENERAPAN E-MODUL KIMIA BERBASIS COOPERATIVE LEARNING TYPE NHT PADA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA KELAS X SMA

Samosir, Yovanka Melinda (2022) PENGARUH PENERAPAN E-MODUL KIMIA BERBASIS COOPERATIVE LEARNING TYPE NHT PADA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 4181131006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4181131006 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4181131006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4181131006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4181131006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4181131006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4181131006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4181131006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4181131006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4181131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4181131006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4181131006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4181131006 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4181131006 TABLES.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4181131006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4181131006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4181131006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4181131006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4181131006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4181131006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4181131006  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4181131006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada pengaruh penerapan e-modul kimia berbasis cooperative type NHT terhadap hasil belajar siswa.(2) mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan e-modul kimia berbasis cooperative type NHT lebih tinggi dari pembelajaran NHT disertai media bahan ajar refrensi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Harapan Baru Medan pada bulan November-Desember 2021. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 36 dan kontrol sebesar 28,167. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,667 dan kelas kontrol sebesar 77,5. Pada uji hipotesis yaitu uji-t satu pihak (pihak kanan) pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh t_hitung > t_tabel yakni 3,004>2,002 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hal tersebut maka ada pengaruh penerapan e-modul kimia berbasis cooperative type NHT terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan e-modul kimia berbasis cooperative type NHT terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi ikatan kimia. Nilai N-Gain ternormalisasi kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 0,731>0,687 atau berdasarkan persentase N-Gain yaitu 73,10% untuk kelas eksperimen dan 68,70% untuk kelas kontrol. Selisih dari peningkatan hasil belajar dari kedua kelas yaitu 4,4% maka dapat disimpulkan bahwa penerapan e-modul kimia berbasis cooperative type NHT lebih tinggi dari pembelajaran NHT disertai media bahan ajar refrensi siswa pada materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 035
Keywords: Electronic modul; Ikatan kimia; Cooperative learning; Numbered heads together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:45
Last Modified: 31 Jan 2023 08:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50064

Actions (login required)

View Item
View Item