Samosir, Yovanka Melinda (2022) PENGARUH PENERAPAN E-MODUL KIMIA BERBASIS COOPERATIVE LEARNING TYPE NHT PADA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4181131006 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 4181131006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
3. NIM 4181131006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM 4181131006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. NIM 4181131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM 4181131006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
7. NIM 4181131006 TABLES.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
8. NIM 4181131006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
9. NIM 4181131006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13. NIM 4181131006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM 4181131006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada pengaruh penerapan e-modul kimia berbasis cooperative type NHT terhadap hasil belajar siswa.(2) mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan e-modul kimia berbasis cooperative type NHT lebih tinggi dari pembelajaran NHT disertai media bahan ajar refrensi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Harapan Baru Medan pada bulan November-Desember 2021. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 36 dan kontrol sebesar 28,167. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,667 dan kelas kontrol sebesar 77,5. Pada uji hipotesis yaitu uji-t satu pihak (pihak kanan) pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh t_hitung > t_tabel yakni 3,004>2,002 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hal tersebut maka ada pengaruh penerapan e-modul kimia berbasis cooperative type NHT terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan e-modul kimia berbasis cooperative type NHT terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi ikatan kimia. Nilai N-Gain ternormalisasi kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 0,731>0,687 atau berdasarkan persentase N-Gain yaitu 73,10% untuk kelas eksperimen dan 68,70% untuk kelas kontrol. Selisih dari peningkatan hasil belajar dari kedua kelas yaitu 4,4% maka dapat disimpulkan bahwa penerapan e-modul kimia berbasis cooperative type NHT lebih tinggi dari pembelajaran NHT disertai media bahan ajar refrensi siswa pada materi ikatan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 035 |
Keywords: | Electronic modul; Ikatan kimia; Cooperative learning; Numbered heads together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 03:45 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50064 |