Manullang, Suci Setia Crise (2022) PENGARUH MEDIA PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PhET) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4181131025 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 4181131025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
3. NIM 4181131025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM 4181131025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5. NIM 4181131025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6. NIM 4181131025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM 4181131025 TABLES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
8. NIM 4181131025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. NIM 4181131025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM 4181131025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM 4181131025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Physics Education Technology (PhET) terhadap aktivitas, hasil belajar, korelasi antara aktivitas dengan hasil belajar dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 10 Medan. Sampel kelas diambil dengan Teknik purposive sampling, dimana kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunkan media Physics Education Technology (PhET) dengan model discovery learning yang berjumlah 30 siswa dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan media Power Point dengan model discovery learning yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes berupa soal pilihan berganda dan instrumen non tes berupa lembar observasi aktivitas siswa. Pada hasil penelitian, diperoleh data pretest pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 50 dan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai 48,83. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 87,83 berarti sangat aktif dan kelas kontrol 77,5 berarti aktif. Pada kelas eksperimen terdapat peningkatan hasil belajar siswa 75% berkategori tinggi dan pada kelas kontrol yakni 56% berkategori sedang. Data aktivitas siswa pada kelas eksperimen memiliki nilai 80 dan pada kelas kontrol memiliki nilai 66,66. Hal ini menunjukan bahwa tedapat pengaruh media Physics Education Technology (PhET) terhadap aktivitas dan hasil belajar pada materi bentuk molekul. Serta diperoleh terdapat korelasi antara aktivitas dengan hasil bealajar siswa dimana r¬¬hitung sebesar 0,724 dan rtabel sebesar 0,362.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 037 |
Keywords: | Powerpoint; Molekul; Discovery learning; Physic education technology; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 03:27 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50055 |