Sihombing, Nerliana (2022) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE BERORIENTASI COLLABORATIVE LEARNING BERBANTUAN E-MODUL LAJU REAKSI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4183131031 COVER.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
2.NIM 4183131031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM. 4183131031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
4. NIM. 4183131031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 4183131031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 4183131031 TABLES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM. 4183131031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM. 4183131031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
9. NIM. 4183131031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
13. NIM. 4183131031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM. 4183131031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan model learning cycle berorientasi collaborative learning lebih tinggi dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, (2) Mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dilihat dari nilai pretest dan posttest. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk desain yang digunakan adalah Pre-Experimental Design. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yang berjumlah 36 orang yaitu kelas XI IPA 4 SMA Negeri 15 Medan yang dipilih secara random sampling. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 5 item. Hasil nilai pretest diperoleh sebesar 24,389, hasil nilai posttest diperoleh sebesar 80,556 dan terdapat peningkatan N-Gain sebesar 0,744 (74,4%). Berdasarkan analisis statistik pada tingkat signifikansi 5% dapat dinyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model learning cycle berorientasi collaborative learning berbantuan e-modul laju reaksi lebih tinggi dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 010 |
Keywords: | Learning cycle; Collaborative learning; Electronic modul; Laju reaksi; Pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 03:19 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50049 |