Nisa, Selly Aprilia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA CHEMIC (CHEMISTRY COMIC) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK SISWA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4183131001 cover.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4183131001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. NIM 4183131001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 4183131001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM 4183131001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 4183131001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4183131001 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4183131001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 4183131001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
13. NIM 4183131001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 4183131001 BIBLIOGARAPHY.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang menarik pada materi ikatan kimia dapat meningkatkan minat belajar siswa, salah satunya yaitu media chemic berbasis problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan media chemic berbasis problem based learning pada materi ikatan kimia untuk siswa kelas X berdasarkan standar BSNP. Pada penelitian ini digunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi dimana hanya dilakukan tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development) dan evaluasi (evaluations). Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Kimia Universitas Negeri Medan, SMA Negeri 1 Secanggang dan SMA Swasta Bintang Langkat. Kelayakan media dilihat melalui angket kelayakan berdasarkan standar BSNP dengan skala likert 1 sampai 5. Validitas media chemic didapatkan dari hasil validasi dosen dan guru, sedangkan penilaian responden terhadap media chemic didapatkan dari hasil penilaian guru, mahasiswa, dan siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media chemic yang dikembangkan sudah valid atau layak digunakan. Hal ini dapat dilihat dari data hasil validasi yang ditinjau dari aspek isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, kelayakan kegrafikan dan penilaian problem based learning berturut-turut memperoleh persentase sebesar 80,83%; 82,50%; 94,38%; 82,19% dan 82,14% sehingga diperoleh rata-rata persentase sebesar 82,00% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil penilaian responden terhadap media chemic ditinjau berrdasarkan aspek tampilan, materi dan manfaat yang berturut-turut memperoleh persentase sebesar 88,96%; 86,73%; dan 86,67% dengan persentase rata-rata sebesar 87,6% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil validasi ahli dan penilaian responden dapat disimpulkan bahwa media chemic ini sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran ikatan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 018 |
Keywords: | Komik; Problem based learning; Ikatan kimia; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 03:03 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50045 |