Siregar, Yunus Al Mahdi (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA DALAM BENTUK E-MODUL POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS BERBASIS SAINTIFIK DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4173321063 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 4173321063 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM. 4173321063 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 4173321063 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 4173321063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 4173321063 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 4173321063 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 4173321063 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4173321063 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM. 4173321063 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM. 4173321063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran melalui pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruksi konsep, hokum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan
atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hokum atau prinsip yang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar dalam bentuk e-modul pokok bahasan Fluida Statis untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul serta hasil belajar peserta didik yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu
penelitian research and development (R&D) dengan tipe metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1). Analysis, 2). Design, 3). Development, 4). Implementation, 5). Evalution. Berdasarkan hasil penelitian e-modul berbasis saintifik pokok bahasan fluida statis yang dikembangkan terdapat 4 kategori, yaitu: 1). Ahli desain memperoleh kategori valid dan perlu direvisi mendapatkan persentase sebesar 75% dan untuk ahli materi mendapatkan persentase sebesar 95% dalam kategori sangat valid, 2). Uji coba kepraktisan mendapatkan hasil dari beberapa pihak responden yaitu hasil uji coba dari guru bidang studi memperoleh persentase sebesar 88% dalam kategori sangat baik dan uji coba kelompok besar
dengan 30 peserta didik memperoleh persentase sebesar 81% dalam kategori sangat baik, dan 3). E-modul berbasis saintifik pokok bahasan fluida statis memperoleh kategori sangat baik untuk tingkat keefektifan nya. Hasil yang telah
diperoleh pada tes ini sebesar 83,30% dan dikatakan efektif dalam mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 029 |
Keywords: | Modul elektronik; Pendekatan saintifik; Fluida statis; Bahan ajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 02:44 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 05:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50038 |