Silalahi, Jessica (2022) Peran Pendidikan Kewarganegaraan Berorientasi Budi Pekerti Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA N 9. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3183311003 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 3183311003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
3. NIM. 3183311003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. NIM. 3183311003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM. 3183311003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 3183311003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 3183311003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
8. NIM. 3183311003 LIST OF STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 3183311003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. NIM. 3183311003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
14. NIM. 3183311003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
15. NIM. 3183311003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Pendidikan sangat memberikan pengaruh terhadap budi pekerti dan karakter peserta didik dalam kehidupan sehar-harinya, terutama di sekolah. Dengan munculnya covid-19 tentunya memberikan pengaruh dalam penanaman budi pekerti peserta didik. Maka, tujuan penelitian Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan budi pekerti terhadap pembentukan budi pekerti siswa dalam pembelajaran PKn pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan kuisioner. Sampel yang akan diteliti 62 orang yang disaring dari jumlah populasi 257 orang. Lokasi penelitian di SMA Negeri 9 Medan. Teknik Analisis Data untuk mengolah dapat menjawab permasalahan serta dapat ditelaah dan diuji. Untuk mengolah data yang diperoleh penulis menggunakan rumus statistika sederhana dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan ; 1). Pendidikan Budi Pekerti memiliki presentase 75,9 % yaitu kategori sedang dengan menunjukkan siswa SMA N 9 dalam mempelajari budi pekerti disekolah 2). Peningkatan Karakter Siswa memiliki presentase 77,0 yaitu kategori sedang dengan menunjukkan siswa SMA N 9 sudah belajar serta menerapkan karakter yang baik disekolah 3). Penerapan PPKn Berorientasi Budi Pekerti memiliki presentase 73,0 % yaitu kategori sedang dengan menunjukkan siswa SMA N 9 sudah baik dalam melakukan penerapan PPKn yang menunjukkan orientasi budi pekerti disekolah sedangkan 4). Pembelajaran PPKn Di Masa Pandemi Covid – 19 memiliki presentase 68,8 % yaitu kategori rendah dengan menunjukkan siswa kurang baik dalam melakukan pembelajaran PPKn pada waktu covid-19 dikarenakan kurangnya melakukan pembelajaran secara tatap muka
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-063 |
Keywords: | Pendidikan Kewarganegaraan; Budi Pekerti; Karakter |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 02:07 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50034 |