Nainggolan, Liphing Theresa (2022) PEMBUATAN E-MODUL KIMIA BERBASIS STEM PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.4182131006 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 4182131006 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
3. NIM. 4182131006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. NIM. 4182131006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
5. NIM.4182131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 4182131006 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4182131006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4182131006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4182131006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
13. NIM. 4182131006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 4182131006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas modul serta mengetahui respon guru terhadap kepraktisan dan respon siswa dari penggunaan modul kimia elektronik berbasis STEM (science, technology, engineering and mathematics) dengan tampilan flipbook pada pokok bahasan Hidrokarbon untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, and dissiminate). Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dan kuisoner (dalam wawancara). Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala momen kappa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah diketahuinya kevalidan menurut para ahli meliputi ahli materi dan media, mengetahui kepraktisan e- modul menurut guru, dan juga mengetahui respon siswa terhadap penggunaan e-modul kimia berbasis STEM pada materi hidrokarbon. Hasil dari penilaian ahli materi dan ahli media memperoleh kriteria “valid” dengan kategori penilaian “Tinggi”. Dengan nilai rata-rata momen kappa ahli materi sebesar 0,76, ahli media sebesar 0,70. Sedangkan kepraktisan e- modul terhadap guru memperoleh nilai rata – rata momen kappa sebesar 0,88 kriteria “Sangat Tinggi” e-modul dapat membantu dalam efesiensi penggunaan waktu dalam mengajar, dan respon peserta didik terhadap e-modul memperoleh nilai rata –rata momen kappa 0,84 kriteria “Sangat Tinggi” menunjukkan e-modul dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 023 |
Keywords: | Elektronik modul; Hidrokarbon; Bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 08:28 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50029 |