Hasibuan, Mirnayani (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMA NEGERI 1 SOSA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4171121020 COVER.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
2. NIM. 4171121020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4171121020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 4171121020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
5. NIM. 4171121020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
6. NIM. 4171121020 TABLES.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
7. NIM. 4171121020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
8. NIM. 4171121020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM. 4171121020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
13. NIM. 4171121020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
14. NIM. 4171121020BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-modul dengan aplikasi moodle pada materi gelombang bunyi. E-modul dengan aplikasi moodle ini memiliki beberapa kelebihan yakni pembelajaran lebih menarik dan dapat dilakukan dengan jarak jauh dimana pendidik masih dapat mengontrol kegiatan
pembelajaran, penilaian dan memberikan lencana bagi peserta didik yang berhasil menjadi yang terbaik, terdapat forum diskusi, kuis dan latihan berbasis computer based test serta terdapat laman feedback dan memiliki fitur keamanan pembatasan hak akses dimana pengguna yang tidak terdaftar tidak dapat membuka e-modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan model 4D. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dan kuisioner responden. Teknik analisis data yaitu dengan cara menghitung skor persentase penilaian validasi dan respon pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis lms moodle yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dari
aspek komunikasi visual, desain pembelajaran, isi, dan kemudahan penggunaan dengan skor 82.42% dari segi materi dan 92.30% dari segi media. Hasil uji respon peserta didik dan guru masing-masing memperoleh skor 90.43% dan 86.95%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 034 |
Keywords: | Moodle; Gelombang bunyi; Bahan ajar; Electronic learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 08:08 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50023 |