PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI

Silaban, Leady Tresia (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.4182131016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4182131016 COVER.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4182131016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4182131016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4182131016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4182131016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4182131016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4182131016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4182131016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4182131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.4182131016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM.4182131016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.4182131016 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM.4182131016 TABLES.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.4182131016 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM.4182131016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.4182131016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.4182131016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4182131016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4182131016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.4182131016  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.4182131016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil analisis bahan ajar kimia pada materi laju reaksi yang digunakan di sekolah menurut standar BSNP, (2) mengetahui modul berbasis discovery learning pada materi laju reaksi sesuai kriteria kelayakan BSNP ahli media dan ahli materi,(3) mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan modul berbasis discovery learning pada materi laju reaksi. (4) mengetahui respon siswa terhadap modul berbasis discovery learning pada materi laju reaksi. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata dari hasil analisis bahan ajar sebesar 81% bahan ajar memiliki kelebihan dan kekurangan baik dari segi kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan. Rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 57,25. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83,50. Nilai N-Gain ternormalisasi kimia siswa kelas eksperimen berdasarkan persentase yaitu 81,82%. Persentase respon atau kepuasan siswa terhadap modul yang di kembangkan didapatkan rata-rata 93%, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar modul berbasis discovery learning pada materi laju reaksi lebih tinggi dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Dari hasil yang diperoleh tersebut yaitu thitung > ttabel (8,747 > 2,093), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengembangan bahan ajar modul berbasis discovery learning pada materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 028
Keywords: Discovery learning; Modul; Laju reaksi; Bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Jan 2023 08:07
Last Modified: 27 Jan 2023 08:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50020

Actions (login required)

View Item
View Item