Silaban, Leady Tresia (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.4182131016 COVER.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
2. NIM.4182131016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
3. NIM.4182131016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
4. NIM.4182131016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
5. NIM.4182131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
6. NIM.4182131016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
7. NIM.4182131016 TABLES.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
8. NIM.4182131016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
9. NIM.4182131016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
13. NIM.4182131016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
14. NIM.4182131016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil analisis bahan ajar kimia pada materi laju reaksi yang digunakan di sekolah menurut standar BSNP, (2) mengetahui modul berbasis discovery learning pada materi laju reaksi sesuai kriteria kelayakan BSNP ahli media dan ahli materi,(3) mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan modul berbasis discovery learning pada materi laju reaksi. (4) mengetahui respon siswa terhadap modul berbasis discovery learning pada materi laju reaksi. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata dari hasil analisis bahan ajar sebesar 81% bahan ajar memiliki kelebihan dan kekurangan baik dari segi kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan. Rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 57,25. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83,50. Nilai N-Gain ternormalisasi kimia siswa kelas eksperimen berdasarkan persentase yaitu 81,82%. Persentase respon atau kepuasan siswa terhadap modul yang di kembangkan didapatkan rata-rata 93%, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar modul berbasis discovery learning pada materi laju reaksi lebih tinggi dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Dari hasil yang diperoleh tersebut yaitu thitung > ttabel (8,747 > 2,093), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengembangan bahan ajar modul berbasis discovery learning pada materi laju reaksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 028 |
Keywords: | Discovery learning; Modul; Laju reaksi; Bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 08:07 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50020 |