Yuzan, Intan Fahira (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4183331032 JUDUL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4183331032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (897kB) | Preview
3. NIM. 4183331032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
4. NIM. 4183331032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5. NIM. 4183331032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 4183331032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 4183331032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
8. NIM. 4183331032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4183331032 BAB I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
14. NIM. 4183331032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hasil analisis kebutuhan e-LKPD yang digunakan di SMA Negeri 1 Deli Tua; 2) mengetahui tingkat kelayakan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan kriteria penilaian BSNP; 3)
mengetahui respon guru kimia dan siswa terhadap e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan Ikatan Kimia, dan; 4) mengetahui kemampuan berpikir siswa setelah menggunakan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Adapun
objek dalam penelitian ini adalah e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 validator ahli materi, 2 validator ahli media, 2 guru
kimia, dan 33 siswa kelas X MIA. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara guru kimia, angket analisis kebutuhan, angket respon guru dan siswa serta angket kelayakan e-LKPD sesuai dengan standar BSNP. Penelitian ini
menggunakan metode dan pengembangan media (R&D) dengan model 4D. Model 4D terdiri dari beberapa tahapan, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasilnya adalah 1) Hasil analisis kebutuhan menyatakan bahwa siswa membutuhkan bahan ajar berupa LKPD dengan berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan ikatan kimia dan seluruh
siswa menyatakan setuju apabila dikembangkan bahan ajar berupa LKPD dalam bentuk elektronik berbasis inkuiri terbimbing sebagai penunjang kegiatan pembelajaran; 2) Tingkat kelayakan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada
pokok bahasan ikatan kimia berdasarkan penilaian BSNP dihasilkan persentase rata-rata sebesar 85,14 persen dengan diperoleh hasil kriteria sangat tinggi dan
valid/layak; 3) Respon guru terhadap e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan ikatan kimia adalah sebesar 87,49% dengan kriteria sangat menarik, sedangkan berdasarkan respon siswa kriteria sangat menarik dengan persentase 83,08 persen, dan yang terakhir 4) hasil kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing memperoleh nilai rata-rata di atas 75 yang menandakan bahwa penerapan media ini sudah sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 031 |
Keywords: | Ikatan kimia; Inkuiri terbimbing; Berpikir kritis; Lembar kerja peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:50 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50014 |