Adhhan, M Fadhil (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4153321021 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 4153321021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM. 4153321021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM. 4153321021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 4153321021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 4153321021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4153321021 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. NIM. 4153321021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 4153321021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
13. NIM. 4153321021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 4153321021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan e-modul menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji kelayakan dari e-modul yang dikembangkan
melalui validasi ahli, uji coba lapangan dan uji keefektifan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) define, 2) design, 3) develop, dan 4) disseminate. Dari empat tahapan tersebut peneliti membatasi hanya pada tahap ketiga yaitu develop. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif sebagai teknik dalam menganalisi data yang diperoleh dari validasi ahli, uji coba lapangan dan uji keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada e-modul yang dikembangkan. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa; (1) aspek informasi e-modul dinilai layak dengan rata-rata skor 4; (2) aspek
operasi multimedia e-modul dinilai sangat layak dengan rata-rata skor 4,2; (3) aspek sistematika dan estetika dinilai sangat layak dengan rata-rata skor 4,1. Hasil validasi dari ahli materi menunnjukkan bahwa; (1) aspek penilaian informasi emodul dinilai sangat layak dengan rata-rata skoe 4,8; (2) aspek konten/materi multimedia dinilai sangat layak dengan rata-rata skor 4,5; dan (3) aspek evaluasi emodul
dinilai sangat layak dengan rata-rata skor 4,5. Berdasarkan hasil uji lapangan kelompok kecil, e-modul yang dikembangkan dengan aplikasi Kvisoft flipbook maker dinilai sangat layak dengan rata-rata skor 4,4. Hasil uji lapangan kelompok
besar dinilai sangat layak dengan rata-rata skor 4,5. Berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus N-gain diperoleh skor 0,72 yang dapat dikategorikan sangat baik. Dengan demikian e-modul yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan yang sangat baik sehingga memenuhi kriteria kelayakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 047 |
Keywords: | Modul elektronik; Kvisoft flipbook maker; Suhu; Kalor; Bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:32 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50006 |