Sihite, Elmirawanti (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TERINTEGRASI SCRABBLE BERBASIS ANDROID PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4183331015 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM. 4183331015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
3. NIM. 4183331015 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM. 4183331015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 4183331015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. NIM. 4183331015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
7. NIM. 4183331015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
8. NIM. 4183331015 TABLES.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
9. NIM. 4183331015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. NIM. 4183331015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
15. NIM. 4183331015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan peserta didik dengan media yang sudah ada, mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran terintegrasi scrabble berbasis android pada materi senyawa hidrokarbon berdasarkan standar BSNP, serta untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar siswa terhadap penggunaan media dengan nilai rata-rata siswa lebih besar dari nilai KKM. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini mengacu pada metode (R&D) dengan model 4-D (define, design, develop, and dissemination). Dari hasil analisis kelayakan media yang sudah divalidasi kepada ahli media dan materi pada aspek kelayakan isi memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,62; kelayakan bahasa sebesar 4,7; kelayakan penyajian sebesar 4,51 dan kelayakan kegrafikan sebesar 4,79, penilaian keseluruhan validasi media memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,63. Dengan menggunakan media mobile learning pada materi senyawa hidrokarbon, diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 73%. Dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 70, dimana nilai rata-rata post-test 84,50 lebih besar dari nilai KKM 75. Pengujian hipotesis yang dilakukan menghasilkan thitung > ttabel yaitu sebesar 10,79 > 2,045. Dapat disimpulkan bahwa melalui pengembangan media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 011 |
Keywords: | Android; Scrabble; Hidrokarbon; Mobile learning; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 06:46 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49985 |