Tuty, Ayu Inggrias (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI IKATAN ION DAN KOVALEN UNTUK KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM . 4183131051 COVER.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
2. NIM . 4183131051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (793kB) | Preview
3. NIM . 4183131051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
4. NIM . 4183131051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (831kB) | Preview
5. NIM . 4183131051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
6. NIM . 4183131051 TABLES.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
7. NIM . 4183131051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
8. NIM . 4183131051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
9. NIM . 4183131051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (953kB) | Preview
13. NIM . 4183131051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
14. NIM . 4183131051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (830kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon siswa, serta persen peningkatan hasil belajar siswa dari penggunaan bahan ajar berbasis problem based learning (PBL) pada materi ikatan ion dan kovalen untuk kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Swasta Free Methodist Medan. Sampel Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Sebanyak 20 Siswa. Jenis penelitan ini adalah pengembangan yang mengacu pada model ADDIE . Penelitian ini menggunakan instrument tes dan non tes, instrumen tes berupa Pretest-Posstest dan instrument non tes yang digunakan berupa Lembar Validasi yang telah memenuhi standar BSNP yaitu aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa serta kegrafikan oleh validator dan Lembar angket respon siswa dengan skala empat kategori. Hasil kelayakan validasi menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis PBL pada materi ikatan ion dan kovalen untuk kelas X berada dalam kategori layak dan tidak perlu direvisi dengan perolehan nilai rata-rata Dosen 3,72 dan Guru 3,46 serta hasil respon siswa terhadap bahan ajar 3,86. Teknik pengumpulan data dengan memberikan Pre-test dan Postest, untuk pre-test mendapatkan rata-rata 52 dan pos-test 81,5. Persen peningkatan hasil belajar siswa yaitu 62.9%. Uji hipotesis dengan uji t pihak kanan α= 0,05 diperoleh thitung =4,67, sedangkan ttabel =1,729. Hal ini menunjukan bahwa thitung > ttabel ( 4,67 > 1,729). Simpulan :. hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar berbasis PBL pada materi ikatan ion dan kovalen untuk kelas X lebih tinggi dari nilai KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 039 |
Keywords: | Bahan ajar; Ikatan ion; Ikatan kovalen; Problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 04:20 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49971 |