Br Sembiring, Stephanie Sisilia (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183121024 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 4183121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. NIM. 4183121024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 4183121024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 4183121024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 4183121024 TABLES.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
7. NIM. 4183121024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
8. NIM. 4183121024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM. 4183121024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
13. NIM. 4183121024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
14. NIM. 4183121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis problem based learning dan untuk mengetahui kelayakan serta kepraktisan dari e-modul berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi usaha dan energi. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas X Mipa 1 SMA Negeri 1 Tigapanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models yakni Define, Design, Development, and Dissiminate yang dibatasi sampai 3D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket karakteristik dan kebutuhan siswa, angket analisis kebutuhan e-modul, angket validasi, angket respon peserta didik terhadap e-modul berbasis problem based learning. Hasil penelitian ini adalah e-modul berbasis problem based learning pada materi usaha dan energi. Kelayakan e-modul berbasis problem based learning menurut ahli materi adalah 99%, ahli media 97% dan ahli pembelajaran 85% dengan kategori sangat layak. Kepraktisan e-modul berbasis problem based learning berdasarkan uji coba terbatas memperoleh 90% dan uji coba lapangan memperoleh 90% dengan kategori sangat praktis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-074 / 371.33 Sem p |
Keywords: | pengembangan e-modul; problem based learning; usaha dan energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 09:25 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49945 |