LUBIS, ALMI AISYAH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN KELAS X AKUNTANSI SMKS BUDISATRYA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183142043 COVER.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
2. NIM. 7183142043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
3. NIM. 7183142043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM. 7183142043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM. 7183142043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 7183142043 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 7183142043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 7183142043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 7183142043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
13. NIM. 7183142043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 7183142043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
Abstract
Almi Aisyah Lubis, NIM 7183142043. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Kelas X Akuntansi SMKS Budisatrya Medan, Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan Tahun 2022.
Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapai dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dapat diinginkan untuk proses selanjutnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi ayat jurnal penyesuaian kelas X akuntansi SMKS Budisatrya Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan langkah penelitian berupa (Analysis, Design, Development, Inplementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini terdiri atas satu ahli materi, dua ahli media, satu praktisi pembelajaran, dan siswa kelas X Akuntansi SMKS Budisatrya Medan.
Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif jurnal penyesuian dinyatakan sangat layak yang dilihat dari hasil akhir penilaian validator media maupun materi sebesar dengan persentase rata-rata 86% dengan kriteria sangat layak untuk digunakan tanpa revisi. 2) Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif jurnal penyesuaian dinyatakan sangat praktis yang dilihat dari penyebaran angket respon guru, siswa kelompok kecil dan siswa kelompok terbatas yang memnuhi kategori positif dan memperoleh nilai persentase rata-rata 91% dengan kriteria sangat praktis atau layak digunakan tanpa revisi, 3) Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif jurnal penyesuaian dinyatakan cukup efektif diguankan dalam pembelajaran yang diketahui dari hasil N-Gain siswa sebesar 0,62 atau 62% dengan kategori sedang. Berdasarkakn hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan memnuhi kategori layak, praktis dan efektif sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran akuntansi pada materi ayat jurnal penyesuaian siswa kelas X SMKS Budisatrya Medan yang dikembangkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Multimedia Interaktif, Jurnal Penyesuaian |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 06:39 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 06:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49937 |