Mulianda, Devani (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOOCs PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK FISIKA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4182121024 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM. 4182121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM. 4182121024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 4182121024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 4182121024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 4182121024 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4182121024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4182121024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4182121024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM. 4182121024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 4182121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis MOOCs pada materi hukum Newton yang layak dan efektif digunakan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian RnD (Research and Development). Desain penelitian menggunakan model 4D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Populasi penelitian ini ialah kelas X di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan sedangkan sampelnya ialah murid kelas X-8 uji coba terbatas dan murid kelas X-9 uji coba luas di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Sampel yang dianalisis pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jenis instrument yang digunakan adalah angket tertutup. Hasil penelitian menunjukkan yaitu hasil dari pembuatan media pembelajaran ini adalah terciptanya website pengembangan media pembelajaran berbasis MOOCs pada materi hukum Newton, hasil perhitungan validasi ahli media dan ahli materi mendapat skor rata-rata 18 dan 15,6 dengan kategori layak, uji coba terbatas mendapat skor rata-rata 4,46 dan uji coba luas mendapat skor rata-rata 4,52 dengan kategori sangat layak hal ini berarti media pembelajaran berbasis MOOCs layak digunakan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dan hasil perolehan nilai rata-rata pretest dan postest dihitung menggunakan gain ternormalisasi menunjukkan sebesar 0,36 dengan kategori sedang yang berarti bahwa media pembelajaran berbasis MOOCs pada materi hukum Newton efektif digunakan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-080 / 371.33 Mul p |
Keywords: | Media pembelajaran; HUkum Newton; MOOCs |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 04:37 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49922 |