Simbolon, Magdalena (2022) PENERAPAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS MOODLE DAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183321012 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. NIM. 4183321012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. NIM. 4183321012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. NIM. 4183321012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM. 4183321012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6. NIM. 4183321012 TABLES.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
7. NIM. 4183321012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. NIM. 4183321012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
9. NIM. 4183321012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
13. NIM. 4183321012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM. 4183321012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan learning management system (LMS) berbasis moodle, edmodo dan konvensional terhadap hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain penelitian adalah three group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMAN 2 Kisaran, yang berjumlah 270 siswa yang terbagi ke dalam 9 kelas. Sampel penelitian diambil 3 kelas yaitu; kelas X MIA-4 sebagai kelas eksperimen (x_1 ) pembelajaran LMS berbasis moodle; kelas X MIA-5 sebagai kelas eksperimen (x_2 ) pembelajaran LMS berbasis edmodo; kelas X MIA-9 sebagai kelas kontrol (y) pembelajaran konvensional masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Instrumen soal yang digunakan sebanyak 30 soal berbentuk pilihan berganda yang sudah divalidasikan oleh validasi isi dan validasi ramalan. Persentase peningkatan hasil belajar melalui N-gain, kelas eksperimen 〖(x〗_1) 78% kategori tinggi, kelas eksperimen 〖(x〗_2)74% kategori tinggi dan kelas kontrol (y) 53% kategori sedang. Berdasarkan hasil uji anava satu arah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan LMS berbasis moodle, edmodo dan konvensional. Berdasarkan uji beda (uji-t) diperoleh: 1) hasil belajar dengan penerapan LMS berbasis moodle lebih baik daripada penerapan edmodo dan pembelajaran konvensional; dan 2) hasil belajar dengan penerapan LMS berbasis edmodo lebih baik daripada konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-075 / 371.33 Sim p |
Keywords: | Penerapan model pembelajaran; LMS berbasis moodle dan edmodo; usaha dan energi; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 04:24 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49919 |