PENERAPAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS MOODLE DAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Simbolon, Magdalena (2022) PENERAPAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS MOODLE DAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4183321012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4183321012 COVER.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4183321012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4183321012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4183321012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4183321012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4183321012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4183321012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4183321012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4183321012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4183321012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4183321012 TABLES.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4183321012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4183321012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4183321012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4183321012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4183321012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4183321012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4183321012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4183321012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4183321012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4183321012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan learning management system (LMS) berbasis moodle, edmodo dan konvensional terhadap hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain penelitian adalah three group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMAN 2 Kisaran, yang berjumlah 270 siswa yang terbagi ke dalam 9 kelas. Sampel penelitian diambil 3 kelas yaitu; kelas X MIA-4 sebagai kelas eksperimen (x_1 ) pembelajaran LMS berbasis moodle; kelas X MIA-5 sebagai kelas eksperimen (x_2 ) pembelajaran LMS berbasis edmodo; kelas X MIA-9 sebagai kelas kontrol (y) pembelajaran konvensional masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Instrumen soal yang digunakan sebanyak 30 soal berbentuk pilihan berganda yang sudah divalidasikan oleh validasi isi dan validasi ramalan. Persentase peningkatan hasil belajar melalui N-gain, kelas eksperimen 〖(x〗_1) 78% kategori tinggi, kelas eksperimen 〖(x〗_2)74% kategori tinggi dan kelas kontrol (y) 53% kategori sedang. Berdasarkan hasil uji anava satu arah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan LMS berbasis moodle, edmodo dan konvensional. Berdasarkan uji beda (uji-t) diperoleh: 1) hasil belajar dengan penerapan LMS berbasis moodle lebih baik daripada penerapan edmodo dan pembelajaran konvensional; dan 2) hasil belajar dengan penerapan LMS berbasis edmodo lebih baik daripada konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-FIS-075 / 371.33 Sim p
Keywords: Penerapan model pembelajaran; LMS berbasis moodle dan edmodo; usaha dan energi; hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 13 Jan 2023 04:24
Last Modified: 19 Jan 2023 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49919

Actions (login required)

View Item
View Item