Sinaga, Septi S. (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG STASIONER KELAS XI SMA N 1 PANGARIBUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183121029 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 4183121029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
3. NIM. 4183121029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 4183121029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 4183121029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM. 4183121029 TABLES.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
7. NIM. 4183121029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
8. NIM. 4183121029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
9. NIM. 4183121029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. NIM. 4183121029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 4183121029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pembelajaran fisika materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner, yang layak diterapkan sebagai bahan ajar pada siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Pangaribuan, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul dan mengetahui tingkat keefektifan e-modul yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Pangaribuan yang berjumlah 36 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan penyebaran angket atau kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh validasi ahli materi mendapatkan hasil rata-rata 3,89 dengan kriteria layak, validasi ahli media mendapatkan hasil rata-rata 3, 33 dengan kriteria layak, validasi oleh guru fisika mendapatkan nilai rata-rata 3,77 dengan kriteria layak. Respon siswa pada uji kelompok kecil mendapat nilai rata-rata 81,03 dengan kriteria sangat baik dan uji coba kelompok besar mendapatkan hasil rata-rata 83,54 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan perhitungan dengan rumus N-gain diperoleh skor rata-rata 0,7 yang dikategorikan tinggi. Dengan demikian e-modul yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan yang sangat baik sehingga memenuhi kriteria kelayakan sebagai bahan ajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-093 / 371.33 Sin p |
Keywords: | E-modul; Kvisoft Flipbook Maker; Kelayakan; Respon Siswa; Keefektifan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 03:25 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49906 |