PANDIANGAN, EKARISTIA (2022) PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR SMPN 3 SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173143010 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 7173143010 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
3. NIM. 7173143010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
4. NIM. 7173143010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 7173143010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6. NIM. 7173143010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 7173143010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 7173143010 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
13. NIM. 7173143010 BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
14. NIM. 7173143010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Ekaristia Pandiangan, NIM. 7173143010. ” Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar SMPN 3 Sidikalang Tahun Ajaran 2020/2021”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Sidikalang. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik total sampling sebanyak 112 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Software SPSS versi 24. Teknik analaisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, analisis linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji F yang dilakukan menggunakan Software SPSS versi 24.
Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y = 1,576 + 0,305X1 + 0,203X2. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial motivasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung (4,252) > ttabel (1,981) serta signifikansi (0,000) < α (0,05), minat belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung (2,725) > ttabel (1,981) serta signifikansi (0,007) < α (0,05). Hasil Uji F menunjukkan bahwa motivasi dan minat belajar memiliki pengaruh posit8if dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung (23,115) > Ftabel (3,079) serta signifikansi (0,000) < α (0,05).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar SMPN 3 Sidikalang baik secara parsial dan simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi, Minat, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 01:50 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49870 |