RAHMANDA, NUR (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI DI MAN 2 MODEL. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM 7181141017 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM 7181141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
3. NIM 7181141017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM 7181141017 TABEL OF COTENTI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 7181141017 TABELS.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM 7181141017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM 7181141017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM 7181141017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13. NIM 7181141017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
14. NIM 7181141017 BIBLIOGRAPHYA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Nur Rahmanda, NIM: 7181141017, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Type Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Medan T.A 2021/2022. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan Tahun 2022.
Masalah penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI ips di MAN 2 Model Medan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar ekonomi peserta didik yang diterapkan model pembelajaran kooperatif Type Numbered Head Together lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar ekonomi peserta didik yang diajarkan menggunakan metode konvensional peserta didik.
Penelitian ini diselenggarakan di MAN 2 Model Medan di Jl. Williem Iskandar No 7A, Bantan Tim, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen. Populasi penelitian ini semua peserta didik kelas XI ips dari 4 kelas dengan total peserta didik yaitu 147 orang. Sampel penelitian 72 peserta didik dari 36 peserta didik pada kelas eksperimen serta 36 peserta didik pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan agar mengukur hasil belajar ekonomi peserta didik yakni tes pilihan berganda 20 item serta 5 pilihan. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis.
Hasil penelitian ini memperoleh hasil belajar yang diajarkan menggunakan model Numbered Head Together lebih tinggi dari hasil belajar ekonomi yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Hasil uji statistik memperoleh hasil belajar dengan model Numbered Head Together memiliki nilai rata-rata pre - test 35,00, nilai tertinggi 60, nilai terendah 15 serta standar deviasi 13,990 dan post - test yaitu 85,69, nilai tertinggi 100, nilai terendah 75 serta standar deviasi 7.479. Sedangkan hasil belajar peserta didik menggunakan metode konvensional dengan nilai rata-rata pre - test 37,22, nilai tertinggi 60, nilai terendah 15 serta standar deviasi 12,618 dan post - test sebesar 84,03, nilai tertinggi 95, nilai terendah 75 serta standar deviasi 5,955. Hasil uji hipotesis yaitu thitung 20,837 > ttabel 16,895 pada signifikansi 95% dan α = 0,05 maka hipotesis diterima. Artinya, hasil belajar ekonomi dengan pembelajaran Numbered Head Together lebih tinggi dari hasil belajar ekonomi menggunakan metode konvensional pada peserta didik kelas XI ips di MAN 2 Model Medan Tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Numbered Head Together, Hasil Belajar, Pelajaran Ekonomi |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 08:14 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49852 |