SITOMPUL, REDIKA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASEDLEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIAWEBBLOG TERHADAP HASIL BELAJAREKONOMI SISWA KELAS X SMARK ST. MARIA PAKKATT.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM. 7181141023 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
3 NIM. 7181141023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
2 NIM. 7181141023 APPROWAL SHEET.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
4 NIM. 7181141023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
5 NIM. 7181141023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6 NIM. 7181141023 TABLE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7 NIM. 7181141023 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8 NIM. 7181141023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
13 NIM. 7181141023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
12 NIM. 7181141023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Redika Sitompul, Nim 7181141023. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learningdengan Menggunakan Media Webblog Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA RK ST.MARIA Pakkat Tahun Ajaran 2021/2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi Siswa kelas X IIS. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learningdengan menggunakan media webblog terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA RK ST.MARIA Pakkat. Penelitian ini dilaksanakan Di SMA RK ST.MARIA Pakkat yang beralamat di Jl. R.A Kartini Pakkat, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen dengan menggunakan teknik Total Sampling yang berasal dari dua kelas, kelas X IIS 1 sebagai kelas eksprimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media webblog dan Kelas X IIS 2 menggunakan model Problem Based Learningdalam proses pembelajaran. untuk mendapatkan data yang diharapkan dalam penelitian ini menggunakan tes soal pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah divalidasi dan kemudian diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui validasi, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis data nilai rata-rata siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari kelas eksprimen dan kontrol pada nilai pretest adalah sebesar 53,08 dan 50,38, dan nilai rata-rata pada nilai postest adalah sebesar 80,96 dan 75,57. Data pada uji normalitas dan homogenitas didapatkan hasil bahwa data berdistribusi normal dan berasal dari data yang homogen. Dari pengujian hipotesis didapat thitung =2,59 dengan jumla ttabel sebesar 1,67 dari hal ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima dan ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh “Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Menggunakan Media Webblog Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Problem Based Learning, Media Webblog,Hasil belajar |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA177.4 Engineering economy |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 04:17 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49825 |