PANGARIBUAN, PARLINGGOMAN AGUNG (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA ANUGERAHHARAPAN BANGSA MEDAN T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163341033 COVER.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
2. NIM. 7163341033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. NIM. 7163341033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4. NIM. 7163341033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
5. NIM. 7163341033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. NIM. 7163341033 TABLE.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM. 7163341033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
8. NIM. 7163341033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
9. NIM. 7163341033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
14. NIM. 7163341033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
Abstract
Parlinggoman Agung Pangaribuan, NIM 7163341033, Pengaruh Pendidikan Karakter Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XIIPS SMA Swasta AnugerahHarapan Bangsa Medan T.A. 2021/2022, Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, 2022.
PandemiCovid-19 yang menyebar di Indonesia sejak 2 tahun yang lalu telah menimbulkan berbagai permasalahan hampir di seluruh aspek kehidupan, khusunya di bidang pendidikan.Tidak maksimalnya pelaksanaan pembelajaran sebagaimana mestinya menyebabkan terjadinya penurunan kemampuan pengetahuan dan hasil belajar siswa. Hal tersebut harus segera diatasi melalui berbagai pendekatan yang berpihak kepada siswa, seperti penerapan nilai-nilai karakter dan peningkatan minat belajar siswa dalam setiap proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan karakter dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Anugerah Harapan Bangsa Medan T.A. 2021/2022.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey serta memiliki sampel sebanyak 32 responden.Adapun responden dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswakelas XI IPS SMA Swasta Anugerah Harapan Bangsa Medan T.A. 2021/2022.Penentuan sampel menggunakan teknik total sampling, yakni dengan menjadikan seluruh populasi menjadi sampel penelitian.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan sebaran kuesioner kepada responden.Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien korelasi.Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t (parsial), uji f (simultan), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil uji t (parsial) diperoleh thitung(3,699)>ttabel (1,699) dan Sig 0.000 < 0.05.Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar; 2) hasil uji t (parsial) lainnya diperoleh thitung(11,772)>ttabel (1,699) dan Sig 0.000 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ; 3) hasil uji F (simultan) diperoleh Fhitung(1059,772 ) > Ftabel(3,34) dan Sig 0.000< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar.Melalui uji koefisien determinasi, diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,987. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh pendidikan karakter dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar adalah sebesar 98,7 % dan sisanya 1,3 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan Karakter, Minat Belajar, dan Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 04:01 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49820 |