Nasution, Rahmadhani (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI VEKTOR KELAS X DI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM_4171121027_COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2.NIM_4171121027_APPORAL SHEET.pdf - Published Version
Download (795kB) | Preview
3.NIM_4171121027_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
4.NIM_4171121027_PREGACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5.NIM_4171121027_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6.NIM_4171121027_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7.NIM_4171121027_TABLE.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
8.NIM_4171121027_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
9.NIM_4171121027_CAPTER I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
13.NIM_4171121027_CAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14.NIM_4171121027_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran disekolah, mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif dan hasil belajar dari peserta didik setelah menggunakan media interaktif berbasis android. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4-D (Four D-Model) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dessimeninste). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Panyabuan Utara dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-1 dengan jumlah 35 orang siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari angket validasi ahli materi, angket ahli media, angket penilaian guru, angket respon peserta didik, dan instrumen tes untuk mengetahui hasil dari belajar peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis android. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil analisi data di peroleh validasi ahli materi sebesar 93,84% dan ahli media sebesar 93,75%, penilaian guru fisika terhadap media sebesar 93,33% dengan masing – masing presentase tersebut termasuk kedalam kategori sangat layak atau sangat baik digunakan. Respon peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android sebesar 91,19% termasuk kategori sangat baik atau sangat praktis digunakan. Sedangkan pada hasil tes peserta didik melakukan pretest dan postest sehingga didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,80 termasuk kategori tinggi dan efektif. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif dinyatakan valid atau layak, praktis digunakan dan efektif dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-106 / 371.33 Nas p |
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Pembelajaran Interaktif Berbasis Android; Vektor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 02:25 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49750 |