SIREGAR, RYSKA NINGSIH (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 SIDIKALANG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 7163142036 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. 7163142036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. 7163142036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. 7163142036 PREFACT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. 7163142036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. 7163142036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
8. 7163142036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
12. 7163142036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
13. 7163142036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
Abstract
Ryska Ningsih Siregar NIM: 7163142036 Pengaruh Pembelajaran E- Learning Pada Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sidikalang.
Sistem pendidikan di Indonesia sedang mengalami tantangan baru yang disebabkan karena adanya wabah virus Covid-19, yang menyebabkan seluruh sistem pembelajaran di lembaga pendidikan dialihkan kepada metode pembelajaran online atau dalam jaringan (daring). Kejadian ini tentu sangat berpengaruh bagi motivasi belajar peserta didik karena peserta didik akan merasa jenuh dengan belajar di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan pembelajaran e-learning pada masa pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Sidikalang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Sidikalang dengan sample 286 responden yang mengikuti proses pembelajaran dengan sistem online atau daring. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui link Google Form untuk mengukur motivasi belajar siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran e-learning. Instrument pada penelitian menggunakan angket tertutup dengan skala likert. Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 23. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persamaan regresi untuk motivasi belajar siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran e-learning adalah Y=13,148 + 0,572X. Berdasarkan hasil Uji t diperoleh nilai t hitung = 11,873 yang dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem pembelajaran e-learning berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa selama masa Pandemi Covid-
19. Berdasarkan nilai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E- Learning, Learning Motivation, Covid-19 Pandemic |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 03:19 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49722 |