NAPITU, RONALDO EDUARD SARAGI (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
NIM 7182142016_Cover.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
NIM 7182142016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
NIM 7182142016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
NIM 7182142016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
NIM 7182142016 TABLE.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
NIM 7182142016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
NIM 7182142016 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
NIM 7182142016 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM 7182142016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
NIM 7182142016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Ronaldo Eduard Saragi Napitu, NIM 7182142016. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Disiplin Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Di SMK Swasta Jambi Medan. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya disiplin belajar pada siswa jurusan akuntansi di SMK Swasta Jambi Medan. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh dari motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap disiplin belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Swasta Jambi Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 142 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 responden dengan teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) menggunakan software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, PLS Bootstrapping dan dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t.
Hasil analisis yang diperoleh rata-rata varians yang direfleksikan diatas 0,5 dan inikator outer loading lebih tinggi dari 0,6. Dari perhitungan data, untuk hipotesis motivasi belajar berpengaruh terhadap positif disiplin belajar siswa diperoleh p-value lebih kecil dari taraf signifikansi 0,005 (0,000<0,05) yang berarti hipotesis diterima sehingga data disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif terhadap disiplin belajar siswa. kemudian untuk hipotesis lingkungan keluarga berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa diperoleh p-value lebih kecil dari taraf signifikansi 0,005 (0,000<0,05) yang berarti hipotesis diterima dan dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Disiplin Belajar, Partial Least Square (PLS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 02:51 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49721 |