Manurung, Esi Wilia (2022) Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas VIII SMPN 2 Tanjung Morawa Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.3183311030 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM.3183311030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
3. NIM.3183311030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM.3183311030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. NIM.3183311030 TABLES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
6. NIM.3183311030 CHART.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM.3183311030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM.3183311030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM.3183311030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
13. NIM.3183311030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM.3183311030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas VIII SMPN 2 Tanjung Morawa, Jalan Limau Manis, Tandukan Raga, Sinembah Tj. Muda Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20632. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 107 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa dengan mengambil 30% dari jumlah populasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi.
Dengan menggunakan rumus penelitian sebagai berikut : P=f/N x100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw terjadi perubahan positif yang sangat berarti. perubahan ini terjadi setelah penerapan model pembelajaran jigsaw. sikap negatif tersebut diantaranya tidak dapat bekerjasama, egois. dengan berkurangnya sikap-sikap negatif siswa kegaiatan pembelajaran berjalan semakin baik, kondusif dan dinamis karena siswa sudah benar-benar memahami model pembelajaran jigsaw dan mampu menerapkan dalam kegiatan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-068 |
Keywords: | model pembelajaran Jigsaw; motivasi belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 03:38 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49718 |