Simanihuruk, Irwan S. T. (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REACT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI DAN USAHA DI SMA N 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183121060 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4183121060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
3. NIM 4183121060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4. NIM 4183121060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5. NIM 4183121060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. NIM 4183121060 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
7. NIM 4183121060 TABLES.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
8. NIM 4183121060 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
9. NIM 4183121060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. NIM 4183121060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
14. NIM 4183121060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis REACT pada materi energi dan usaha yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan Research and Develoment (R&D) menggunakan model 4D oleh Thiagarajan. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli desain, ahli materi, ahli pembelajaran, guru fisika dan peserta didik kelas X MIA 1 SMA N 8 Medan yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket uji kelayakan ahli desain, ahli materi, dan ahli pembelajaran, angket penilaian guru, lembar observasi, instrumen soal pretest-posttest KPS, soal hasil belajar serta angket respon pengguna terhadap LKPD berbasis REACT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis REACT yang dikembangkan berada kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan hasil uji validasi ahli desain (96,43%), ahli materi (92,86%), ahli pembelajaran (96,67%) dan guru fisika (91,07%). Pada uji coba LKPD diperoleh hasil observasi 86,08% dan respon peserta didik 90,64%. Berdasarkan perhitungan N-gain, LKPD berbasis REACT termasuk dalam kategori sedang untuk meningkatkan KPS peserta didik dengan nilai 0,68. Hasil ketuntasan belajar peserta didik sebesar 86,21% dan rata-rata hasil belajar 84,60. Dengan demikian disimpulkan bahwa LKPD berbasis REACT layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-098 / 371.33 Sim p |
Keywords: | Pengembangan; LKPD; REACT; keterampilan proses sains; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 01:37 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49711 |