Pakpahan, Gerhat Moses (2022) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA N 11 MEDAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183121031 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM 4183121031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
3. NIM 4183121031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM 4183121031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 4183121031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6. NIM 4183121031 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM 4183121031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. NIM 4183121031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM 4183121031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 4183121031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM 4183121031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang, menghasilkan dan mengetahui kelayakan dari modul fisika berbasis learning cycle 7e pada materi Usaha dan Energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan desain penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Desain, Develop, Dessiminate). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester II SMA N 11 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Dengan sampel kelas X yang telah mempelajari Usaha dan Energi dari kelas X yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket yang terdiri dari beberapa aspek untuk menguji kelayakan modul yang akan digunakan
Hasil penelitian menunjukkan (1) Ditinjau dari validitas, validitas ahli materi memperoleh hasil persentase 98% dalam kriteria sangat baik dan layak digunakan, validitas oleh ahli media memperoleh hasil persentase 74% dalam kriteria baik dan layak digunakan dan validasi oleh ahli strategi memperoleh hasil persentase 89% dalam kriteria sangat baik dan layak digunakan. (2) Ditanjau dari uji kelayakan respon guru menunjukkkan angka 93% yang berarti modul yang digunakan sangat baik dan layak digunakan. Pada uji respon peserta didik pada kelompok kecil menunjukkan angka 86% yang berarti modul yang digunakan memberikan respon yang sangat positif. Sedangkan uji respon peserta didik pada kelompok besar menunjukkan angka sebesar 80% yang artinya modul yang digunakan memberikan respon yang positif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-109 / 371.33 Pak p |
Keywords: | Pengembangan; Modul; Learnng Cycle 7E; Usaha dan Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 08:04 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49708 |