MUNTE, BUNGA RONTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIFTIPEGALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR PADAPELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 PEGAGAN HILIR. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM. 7183341001 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2 NIM. 7183341001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
3 NIM. 7183341001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3 NIM. 7183341001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
4 NIM. 7183341001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5 NIM. 7183341001 TABLE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
6 NIM. 7183341001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7 NIM. 7183341001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
8 NIM. 7183341001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
12 NIM. 7183341001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
13 NIM. 7183341001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Bunga Ronti Munte, Nim 7183341001, 2022 Mata Kuliah Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, Skripsi Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Pegagan Hilir.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Pegagan Hilir.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pegagan Hilir dengan jumlah populasi sebanyak 69 orang siswa dan sampel berjumlah 69 orang siswa, dalam penelitian ini jumlah sampel yang diambil secara keseluruhan (total Sampling). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal pilihan berganda dengan 20 item soal.
Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Gallery Walk pada materi bank sentral, alat dan sistem pembayaran kelas X SMA Negeri 1 Pegagan Hilir diperoleh pada kelas eksperimen nilai rata-rata pre tes 52,235 dengan standar deviasi 12,043 dan nilai rata-rata pos tes 72,500 dengan standar deviasi 10,463, dimana nilai varians pre test 145,03dan pos test109,47.Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran secara langsung pada materi bank sentral, alat dan system pembayaran kelas X SMA Negeri 1 Pegagan Hilir diperoleh nilai rata-rata pre tes 50,857 dan pos tes60,57 dengan standar deviasi pre tes11.014dan pos test10,416 dimana nilai varians pre test121.303dan pos test108,48 . Dari di atas maka diperoleh thitung > ttabelyaitu 2,087 >1,667.Sehingga dapat disimpulkan dari uji hipotesis bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pegagan Hilir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, Gallery Walk, Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA177.4 Engineering economy |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 08:01 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49703 |