PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN DI SMK PAB 2 HELVETIA T.A. 2021/2022

RAHMAIDA, FARHANI (2022) PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN DI SMK PAB 2 HELVETIA T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. 7173144009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 7173144009 COVER.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 2. 7173144009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 7173144009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of 3. 7173144009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. 7173144009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 4. 7173144009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. 7173144009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 5. 7173144009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 7173144009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 6. 7173144009 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 7173144009 TABLES.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 7. 7173144009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 7173144009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 8. 7173144009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 7173144009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 9. 7173144009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 7173144009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 13. 7173144009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 7173144009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 14. 7173144009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 7173144009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dan media powerpoint pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian di SMK PAB 2 Helvetia T.A.2021/2022. (2) Efektivitas penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dan media powerpoint terhadap hasil belajar Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian di SMK PAB 2 Helvetia T.A.2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia yang beralamat di Veteran Pasar IV Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa dari kelas XI SMK PAB 2 Helvetia tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 140 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, sehingga didapatkan kelas XI OTKP-1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI OTKP-2 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Perlakuan kelas eksperimen menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan media powerpoint dengan materi yang diajarkan adalah Daftar Urut Kepangkatan (DUK). Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data yang diterapkan yaitu menghitung nilai rata-rata, standar deviasi, dan varians serta uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan uji-t dan uji normalitas gain. Pengolahan data menggunakan SPSS versi
26. Hasil penelitian membuktikan bahwa dalam penerapan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan media powerpoint. Hal tersebut terlihat berdasarkan perhitungan melalui Ngain score dari kelas eksperimen sebesar 73,30% yang termasuk kedalam kategori cukup efektif (56%-75%) yang telihat lebih besar dibandingkan kelas kontrol sebesar
61,28% yang termasuk kedalam kategori cukup efektif (56%-75%). Diketahui juga terdapat perbedaan hasil belajar dengan nilai thitung sebesar 2,711 yang mempunyai arti thitung > ttabel (1,99444). Dengan demikian, multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline lebih efektif dibandingkan dengan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Efektivitas, multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline, dan media Powerpoint.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 Jan 2023 08:34
Last Modified: 04 Jan 2023 08:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49662

Actions (login required)

View Item
View Item