Sipayung, Budiaman (2022) Pengembangan Bahan Ajar Dengan Mengimplementasikan Virtual Manipulative yang Berorientasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemacahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta MARS Pematang Siantar. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186172037 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 8186172037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8186172037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. 8186172037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. 8186172037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 8186172037 TABLES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. 8186172037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. 8186172037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. 8186172037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. 8186172037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar yang dikembangkan dengan dengan mengimplementasikan virtual manipulative dan berorientasi problem based learning; 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa SMP MARS Pematang Siantar Kelas VIII dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan mengimplementasikan virtual manipulative dan berorientasi problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bahan ajar yang dikembangkan dengan mengimplementasikan virtual manipulative dan berorientasi problem based learning yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif; 2) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa SMP MARS Pematang Siantar Kelas VIII dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan mengimplementasikan virtual manipulative dan berorientasi problem base learning. Pada uji coba I terjadi peningkatan nilai kemampuan berpikir kritis sebesar 0,35 dan nilai kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,44 dengan kriteria sedang (0,3 <
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sip p |
Keywords: | Virtual Manipulative; Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis; Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 10:14 |
Last Modified: | 30 May 2023 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49609 |