Sari, Maya Indah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS IX SMP AL-AZHAR MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan, Persetujuan, Plagiat.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. Abstrak Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. Bab I.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
13. Bab V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan berpidato siswa yang diajarkan dengan model pengajaran langsung dan kemampuan berpidato siswa yang diajarkan dengan model simulasi, (2) mengetahui kemampuan berpidato siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi dan kemampuan berpidato siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah, (3) mengetahui adanya interaksi antara model pembelajaran dan kepercayaan diri terhadap kemampuan berpidato. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP kelas Al-Azhar Medan Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 181 siswa (7 kelas). Pemilihan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dan diperoleh kelas IX B sebagai kelompok eksperimen model pengajaran langsung dan kelas IX C sebagai kelompok eksperimen model simulasi. Penelitian menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian faktorial 2 x 2. Variabel terikat yaitu kemampuan berpidato, variabel moderator yaitu kepercayaan diri dan variabel bebas yaitu model pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu (1) mengukur kepercayaan diri dengan skala psikologi kepercayaan diri, (2) melaksanakan pembelajaran dengan kedua model pembelajaran, dan (3) mengobservasi kemampuan berpidato siswa dengan instrumen observasi kemampuan berpidato. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan inferensial. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Analisis Varians (Anava) dua jalan pada taraf signifikansi 0,05. Hasil pengujian hipotesis diperoleh (1) Nilai rata-rata kemampuan berpidato siswa yang diajar dengan model pengajaran langsung lebih tinggi (82,65) daripada nilai rata-rata kemampuan berpidato siswa yang diajar dengan model simulasi (79,38) dengan Fhitung (9,60) > Ftabel (4,08). (2) Nilai rata-rata kemampuan berpidato siswa yang memilki kepercayaan diri tinggi lebih tinggi (87,68) daripada nilai rata-rata kemampuan berpidato siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah (73,95) dengan Fhitung (116,62) > Ftabel (4,08). (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kepercayaan diri terhadap kemampuan berpidato dengan Fhitung (2,63) < Ftabel (4,08).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.622 Sar p |
Keywords: | Kemampuan berpidato; Retorika; Model pembelajaran; Model simulasi; Percaya diri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 19:45 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 19:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4960 |